SUPER 8 REVIEW : SUPER 8 IS SUPERB

6/26/2011 11:09:00 PM

Super 8 Ticket =)
Mungkin banyak di antara kalian yang belum pernah mendengar atau tidak tahu mengenai film berjudul "Super 8". Hal ini dapat dimaklumi karena Super 8 adalah film orisinil yang tidak diadaptasi dari comic / novel dan marketing-nya sendiri tidak gila - gilaan. Bahkan posternya sendiri (bisa dilihat di atas) sangat sederhana, tidak jelas, dan tidak menarik perhatian. Namun, di kalangan pecinta film, Super 8 adalah film yang dinanti - nantikan karena, yang pertama : trailernya yang dahsyat dan sangat misterius, kedua : disutradarai oleh J.J Abrams, salah satu sutradara genius favorit saya yang sukses mereboot franchise Star Trek, dan diproduseri oleh Steven Spielberg (haayyoo sapa yang ga kenal kakek satu ini?). Saya pribadi, sudah menantikan film ini semenjak debut teaser trailer pertamanya musim panas tahun lalu :
Setelah melihat teaser trailer di atas, siapa yang tidak tertarik? Hehehe
Ohio Town, 1979.
Joe, seorang bocah berusia (kurang lebih) 10-12 tahun, baru saja kehilangan ibunya yang meninggal karena kecelakaan. Hubungannya dengan sang ayah, Jackson, kurang baik sebab ayahnya adalah seorang polisi yang sibuk dan disiplin. Suatu hari, Joe dimintai tolong untuk menjadi Make-Up Artist oleh temannya, Charles, yang kala itu hendak membuat film horror zombie. Syuting dilakukan pada malam hari di sebuah stasiun kereta api bersama dengan teman - teman lainnya, Alice (yang ternyata memiliki bakat akting memukau), Martin, dan Preston. Namun, saat syuting tengah berlangsung, terjadi kecelakaan kereta api maut yang membuat hampir seluruh gerbong kereta api meledak. Paska kecelakaan kereta api itu, mulai terjadi kejadian aneh dan tak lazim di kota tersebut. Lambat laun, mereka mulai menyadari bahwa kereta api itu mengangkut sesuatu yang mengerikan dan tak terduga.
AMAZING. Ya, itulah kata yang terbesit pertama kali di ketika credit title mulai bergulir. Super 8 berhasil melebihi ekspetasi saya. Film ini bukan hanya sekedar menawarkan adegan - adegan menengangkan seperti film monster ga jelas yang sering meramaikan bioskop (sejak februari 2011 meramaikan toko DVD bajakan :P), melainkan juga menyuguhkan kisah cinta, drama yang menyentuh, plot twist, dan pendalaman karakter yang sangat baik. Bahkan ada beberapa adegan yang bisa menguras air mata penonton yang berhati peka. Sesuatu yang sangat jarang ditemui di film bertema seperti ini.
Kisah yang diangkat Super 8 ini sebenarnya tidak baru di dunia perfilman, namun sutradara J.J Abrams berhasil memvisualisasikan naskah yang juga ditulisnya sendiri dengan baik lewat alur cerita yang mengalir dengan pas, misterius, cinematography yang indah dan tidak membosankan, sehingga ide yang biasa ini berhasil dikemas sedemikian rupa hingga menjadi tontonan yang luar biasa menghibur dan menarik. Selain itu, apabila di antara kalian yang sudah menonton E.T atau film - film jadul karya Steven Spielberg pasti akan sedikit bernostalgia saat menyaksikan film ini dan beberapa adegan pun mengingatkan saya akan E.T (ntah penonton yang lain bagaimana :P). Permainan cahaya "lens flare" yang merupakan ciri khas sutradara J.J Abrams juga memberikan nilai plus tersendiri dari film ini dan kemunculannya di beberapa adegan serasa sangat pas.
Visualisasi yang indah tidak lengkap apabila tidak dibalut dengan musik yang baik. Musisi langganan Disney-Pixar, Michael Giacchino, menyuguhkan alunan musik yang sangat indah, memorable, pas dan bisa dibilang, Score film terbaik yang pernah saya dengar tahun ini.
Akting para bintangnya pun patut diacungi jempol terutama Joel Courtney dan Elle Fanning (adik Dakota Fanning) yang memerankan Joe dan Alice. Meski masih belia dan sangat minim pengalaman, mereka berdua berakting baik dan natural.
Overall, meski cukup predictable dan kisah yang ditawarkan bukan hal yang baru, Super 8 adalah salah satu film summer blockbuster terbaik dan memuaskan tahun ini yang sangat sayang untuk dilewatkan. Saya tidak segan - segan memberi nilai sempurna untuk film ini karena Super 8 telah menjadi salah satu film favorit saya.
RATING : 5 out of 5 Stars

You Might Also Like

0 comments

Just do it.