What Women Want (2011) Review

7/27/2011 12:53:00 PM

What Women Want adalah film remake dari film produksi Hollywood tahun 2000-an silam yang dibintangi Mel Gibson dan Hellen Hunt dengan judul yang sama pula. Apabila kala itu Hollywood memiliki Mel Gibson dan Hellen Hunt, China juga tidak mau kalah dengan memasang Andy Lau dan Gong Li sebagai pemeran utamanya. Keempat aktor itu, tidak dipungkiri lagi, adalah bintang film papan atas (meski karir Hellen Hunt kini sudah meredup). Meski dibintangi aktor - aktris papan atas, What Women Want (2011) adalah film remake. Dan kita semua tahu kebanyakan film remake selalu lebih buruk kualitasnya, meski kadang ada yang sama bagusnya seperti Let Me In, The Karate Kid, dsb. Lantas apakah film ini bisa memecahkan mitos "kutukan" film remake atau malah makin memperkuat mitos tersebut?
Sun Zi Gang (Andy Lau) adalah seorang direktur kreatif di perusahaan advertising yang playboy. Suatu ketika, perusahaannya merasa bahwa Sun Zi kurang bisa memahami bagaimana cara membuat iklan untuk produk cewek, sehingga mereka merekrut Li Yi Long (Gong Li) menjadi Direktur kreatif eksekutif yang pangkatnya lebih tinggi dari Sun Zi. Maka dimulailah persaingan konyol antara Sun dan Li, hingga suatu ketika Sun Zi mengalami kecelakaan yang mengakibatkan ia dapat mendengarkan pikiran perempuan di seluruh dunia.
Terus terang, saya belum menonton What Women Want versi Hollywood, jadi saya tidak bisa membanding - bandingkannya. Meski demikian, bisa dibilang What Women Want versi China ini adalah contoh film yang gagal menghidupi premise-nya yang sangat menarik. Pada paruh awal, film ini sangat menarik, sangat lucu, dan menghibur. Bahkan saya tidak segan - segan memberi rating 4/5. Sayangnya, mulai pertengahan film hingga akhir, What Women Want malah kedodoran, film ini berubah menjadi tipikal film romance kebanyakan yang datar, lambat, dan membosankan. Belum lagi formula - formula film romance yang sudah sangat basi juga masih dipakai. Adegan kecelakaannya sendiri pun juga sangat konyol dan murahan. Segala keburukan di paruh akhir ini kemudian ditutup dengan ending yang sangat memaksa, sehingga sang sutradara dan penulis naskah bisa dibilang sukses besar menurunkan derajat film ini dan menghancurkan pondasi kuat yang sudah dibangun di awal film.
Sementara itu, kehadiran Andy Lau dan Gong Li benar - benar menyelamatkan film ini dari keterpurukan. Yeah, sama seperti Larry Crowne baru - baru ini, akting mereka berdua layak diacungi 2 jempol dan berhasil membentuk chemistry yang sangat baik. Apalagi para fans Andy Lau akan dimanjakan dengan suara emasnya, tariannya ataupun disuguhi adegan Andy Lau menjadi banci yang tentunya sangat lucu dan menarik.
Overall, meski What Women Want semakin memperkuat kutukan film remake, film ini tidak terlalu buruk dan masih cukup menghibur. Bagi kalian yang punya dan akan punya pacar ataupun fans Andy Lau / Gong Li, What Women Want bisa dijadikan tontonan alternatif di kala penantian Harry Potter 7.2 yang akan tayang besok lusa (Jumat, 29 Juli 2011).





Rating : 2.5 out of 5 Stars

You Might Also Like

0 comments

Just do it.