THE FOREST (2016): J-HORROR WANNABE YANG GAGAL TOTAL

1/14/2016 07:15:00 PM




Genre: Horror.
Negara: Amerika.
Distributor: Sony Pictures Indonesia.
Tanggal Rilis: Jumat, 8 Januari 2016 (wide).

Plot:
Sara (Natalie Dormer) mendapat kabar kalau saudara kembarnya, Jess (juga diperankan oleh Natalie Dormer), menghilang di Hutan Aokigahara, Jepang (dikenal sebagai tempat bunuh diri) dan akan dianggap meninggal oleh kepolisian Jepang kalau Jess tidak berhasil ditemukan dalam kurun waktu dua hari. Tak percaya atas kabar itu, Sara berangkat ke Jepang untuk mencari adiknya. Setibanya di sana, dia bertemu dengan wartawan misterius, Aiden (Taylor Kinney) yang kebetulan tengah meliput Hutan Aokigahara dan mau membantu Sara mencari adiknya.



Review:
Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, awal bulan Januari kerap kali dijadikan sebagai tempat 'pembuangan' film-film horror kelas B untuk mendapatkan uang cepat bagi studio-studio besar di Hollywood. Dan untuk tahun 2016 ini, The Forest milik Sony yang mendapat kehormatan untuk mengisi slot tersebut.

Ya, cukup disayangkan karena sebenarnya The Forest memiliki potensi besar untuk menjadi sebuah film horror yang seru, mengingat ia telah mengusung premise yang sedemikian menarik dan tidak dibuat dalam format found footage. Sepanjang film, sutradara debut Jason Zada dan naskah yang ditulis keroyokan oleh Nick Antosca, Sarah Cornwell, dan Ben Ketai tampak kebingungan mau mengarahkan The Forest ke mana, apakah thriller psikologis atau horror supernatural. 


Alhasil, dengan konsep yang tarik-ulur itu, The Forest mulai kehilangan energinya di pertengahan film, dan terus melemah sampai akhir film dengan membiarkan berbagai aspek menariknya itu tidak berkembang lebih jauh. Seperti penyuguhan mitologi seputar yurei (hantu Jepang) dan Hutan Aokigahara yang sebenarnya sangat berpotensi, namun disia-siakan menjadi red herring begitu saja. Kemudian bakat-bakat yang terlibat di film ini, mulai dari Taylor Kinney yang memerankan Aiden, karakter misterius penuh keambiguan yang berhasil dilakoninya dengan amat baik, hingga Natalie Dormer dengan peran ganda sebagai Sara dan Jess yang sudah mempersiapkan kuda-kuda plot twist gahar sejak di awal film, lengkap dengan petunjuk-petunjuk dan back story yang cukup kuat; semua itu dirusak dengan konklusi yang sangat sederhana dan anti-klimaks.


Overall, The Forest memang mempunyai segala persyaratan untuk menjadi sebuah film American J-horror yang sangat seru dan mencekam. Ia punya plot yang seru, set yang mengerikan, dan karakter-karakter kompleks yang jarang kita temui di film-film horror. Namun sayang sekali, menonton film ini hanyalah buang-buang waktu.


Rating: 2 out of 5 stars.



You Might Also Like

1 comments

  1. Belum tahu film ini, tapi kedengarannya seperti kebanyakan ide lalu tidak yakin mana yang paling mau dikedepankan ya?

    ReplyDelete

Just do it.